Rahasia Angka 40 dalam Islam !



Rahasia Angka 40 dalam Islam !

Dalam dunia Islam, angka 40 menyimpan banyak rahasia. Banyak sekali peristiwa dalam sejarah dan riwayat yang berhubungan erat dengan angka ini.

Berikut ini adalah peristiwa-peristiwa yang dapat kami kumpulkan dari ayat maupun riwayat.

1. Taurat diturunkan kepada Nabi Musa as dalam waktu 40 hari.

وَوَاعَدْنَا مُوسَىٰ ثَلَاثِينَ لَيْلَةً وَأَتْمَمْنَاهَا بِعَشْرٍ فَتَمَّ مِيقَاتُ رَبِّهِ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً ۚ وَقَالَ مُوسَىٰ لِأَخِيهِ هَارُونَ اخْلُفْنِي فِي قَوْمِي وَأَصْلِحْ وَلَا تَتَّبِعْ سَبِيلَ الْمُفْسِدِينَ

Dan Kami telah menjanjikan kepada Musa (memberikan Taurat) tiga puluh malam, dan Kami sempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh (malam lagi), maka sempurnalah waktu yang telah ditentukan Tuhannya empat puluh malam. Dan Musa berkata kepada saudaranya (yaitu) Harun, “Gantikanlah aku dalam (memimpin) kaumku, dan perbaikilah (dirimu dan kaummu), dan janganlah engkau mengikuti jalan orang-orang yang berbuat kerusakan.” (QS.Al-A’raf:142)

2. Di zaman Nabi Nuh as turun hujan selama 40 hari sebagai adzab bagi orang-orang yang musyrik.

3. Kaum Musa tersesat selama 40 tahun di padang pasir sebagai sanksi dari Allah.

4. Nabi Muhammad saw menyendiri selama 40 hari dari Sayyidah Khadijah untuk beri’tikaf. Hingga datang buah dari surga yang nantinya menjadi asal dari kelahiran Sayyidah Fatimah Az-Zahra.

5. Nabiyul Islam Muhammad saw diutus sebagai nabi di umur beliau yang ke-40.

6. Manusia berpotensi besar untuk menyempurnakan diri hingga umur 40 tahun. Setelah melewati itu akan sulit sekali untuk mencari kesempurnaan.

حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ

Sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, “Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai.” (QS.Al-Ahqaf:15)

7. Bila seseorang ikhlas dalam beramal selama 40 hari, maka akan keluar hikmah dari hatinya melalui lisannya.

8. Beberapa riwayat menyebutkan agar membaca surat atau doa tertentu sebanyak 40 kali untuk mendapat jalan keluar dan menghilangkan bala’.

9. Sebagian dosa menjadikan amalan kita tidak diterima selama 40 hari, seperti meminum khamr yang menjadikan solat seorang hamba tidak diterima selama 40 hari.

10. Kesaksian 40 orang mukmin untuk seseorang akan menjadi penyebab orang tersebut meraih ampunan Allah swt.

Itulah beberapa peristiwa dalam dunia Islam yang terkait dengan angka 40.

Sumber : Daqoiq Ma’al Qur’an